3 Konsentrasi Utama Taklukkan Perusahaan di Arab Saudi

Admin,
5 Februari 2022 - 1:40

Industri minyak dan gas Arab Saudi adalah peluang besar bagi calon tenaga kerja di seluruh dunia. Ada pula bidang IT, perbankan dan telekomunikasi yang terbuka untuk para tenga ahli. Hal tersebut juga didasarkan pada diversifikasi ekonomi dan mengurangi pembatasan kepemilikan perusahaan asing dengan memperluas berbagai sektor, mulai dari pendidikan, pariwisata, kesehatan, sampai teknik. Sebagian besar pekerjaan tersedia di Riyadh dan Jeddah.

Namun demikian tidak mudah menemukan pekerjaan di sana, mengingat fokus negara pada warga negaranya sendiri, tetapi tidak membuang peluang untuk tenaga asing. Kendati demikian, perusahaan asing di Arab Saudi juga membuka lowongan bagi siapapun yang memenuhi persyaratan.

Sebelum memutuskan bekerja di Arab Saudi, ada beberapa syarat utama agar lebih mudah memperoleh pekerjaan. Simak ulasannya berikut ini!

  • Kemampuan berbahasa

Bahasa Arab adalah syarat utama, sebab Anda tentu harus bersosialisasi dengan teman kerja dan masyarakat sekitar. Oleh sebab itu, penting bagi tenaga kerja asing untuk meningkatkan kemampuan berbicara dalam bahasa tersebut.

Di samping itu, kerjasama dengan pihak asing oleh perusahaan tentu terus dilakukan, maka perkaya kemampuan bahasa dengan menguasai Bahasa Inggris sebagai international language. Keduanya akan sangat bermanfaat untuk berkarir dan hidup di sana.

  • Keterampilan

Saat baru pertama kali lulus mungkin akan mengalami sedikit kesulitan mencari pekerjaan di Arab Saudi, karena kebijakan hanya mengizinkan perekrutan warga negara asing yang memiliki keterampilan spesial. Skill yang diminta meliputi ahli teknik, IT, pengajar, kesehatan dan konstruksi. Lebih-lebih perusahaan juga meminta lulusan terbaik.

Maka pastikan memiliki kemampuan mumpuni yang disesuaikan dengan latar belakang pendidikan. Akan lebih mudah bila memiliki nilai bagus, namun juga dibuktikan dengan skill.

  • Persiapkan CV sebaik mungkin

Beberapa perusahaan di Arab Saudi meminta lebih banyak tentang detail pribadi, seperti status perkawinan, jumlah anak hingga agama. Kecil kemungkinan diminta untuk mengajukan aplikasi dalam Bahasa Arab, terutama di perusahaan internasional. Sementara wawancara kerja dilakukan dengan Bahasa Inggris bila Anda adalah calon tenaga kerja asing.

 

Jadi, saatnya mempersiapkan diri untuk bekerja di Arab Saudi. Bekali juga dengan kemampuan bagus, ya. 

Lapor Pengaudan
Logo WhatsApp